Minggu, 27 Juli 2014

Tes kopi luwak

Tes kopi luwak

Tes kopi luwak Berikut system penilaian kopi. Nilai setiap poin 6-9. 6 dikategorikan sebagai baik, 7(cukup baik),8(sangat baik),9(sangat baik). Lonjakan penilaian seperempat, jadi dari 6, kemudian 6,25 lalu 6,50 dan 6,75.

Tes kopi luwak
Tes kopi luwak

Tes kopi luwak

Fragrans

Menilai fragrans dengan mencium bubuk kopi sebelum diseduh, mengaduk dan ketika sudah larut. Serbuk kopi hasil penggilingan ditaruh di dalam gelas tertutup selama 15 menit. Setelah itu buka penutup gelas dan ciumlah aroma yang keluar dari bubuk sebelum diseduh. Setelah diseduh, biarkan 3-4 menit, aduk 3 kali dengan sendok. Bubukkan nilai di kartu skor.

Tes kopi luwak



Suhu 70oC

Seimbang

Ini dimulai saat sebuk kopi diseduh dan suhu 70o atau 8-10 menit pascaseduh. Seruput kopi panas itu dengan cepat, biarkan cairan menyentuh seluas mungkin rongga mulut dan lidah.

Flavor

Dinilai berdasarkan kombinasi yang dirasakan lidah dan aroma uap yang mengalir dari mulut ke hidung, itu terjadi saat kopi diseruput dengan kuat hingga melibatkan langit-langit mulut.

Aftertaste

Lama bertahanya flavor positif di langit-langit belakang mulut setelah kopi dibuang atau ditelan. Jika aftertaste tidak enak dan langsung hilang nilaipun rendah.

Tes kopi luwak

Suhu 60oC
        Acidity
        Suhu menurun menuju 60o, saatnya memulai menilai acidity atau rasa asam yang enak atau tidak enak. Rasa buah segar ketika kopi diseruput merupakan tanda keasaman yang baik.”Keasaman terlalu dominann dikategorikan tidak enak sehingga tidak layak di jadikan contoh.”kata Ted.
        Body
        Penilaian body cairan kopi masuk ke dalam mulut, khususnya antara lidah dan langit-langit mulut. Kebanyakan body kental seperti kopi Sumatra mendapatkan nilai tinggi. Kombinasi penilaian flavor, aftertaste, acidity dan body, semua aspek itu dinilai pada suhu sama menghasilkan nilai bagi balance. Aspek kurang atau lebih pada contoh akan menurangi nilai balance.

Tes kopi luwak
Suhu 44oC
        Sweetness
        Dihitung dari rasa manis karena karbohidrat dalam kopi. Namun, rasa manis itu tidak seperti sukrosa dalam minuman ringan. Sour atau rasa mentah yang timbul dari kopi kebalikan dari sweetness.
        Keseragaman
        Jika satu mangkuk mempunyai aroma berbeda, maka nilai keseragaam rendah dan sebaliknya. Keseragaman merupakan inti penilaian dari uniformity.
        Clean cup
        Tidak adanya nilai negatif dari awal sampai aftertaste merupakan penilaian bagi clean cup. Ini dinilai dari aroma kopi sampai cairan kopi dibuang. Kopi tanpa rasa dan aroma disingkirkan dari penilaian.

        Overall
Mencerminkan keseluruhan aspek yang dinilai. ”Jika tidak memenuhi criteria standar, walau menyenangkan ia mendapat nilai rendah,” kata Ted. Penilaian harus dihentikan ketika mencapai 16oC. nilai yang diperoleh kemudian dijumlahkan.
        Defect
        Aroma negative atau cacat menurangi kualitas kopi. Defect terdiri atas 2 hal yakni taint da fault. Taint bau tercemar dan mencolok pada aroma. Fault berkaitan dengan aspek rasa tidak enak. Nilai akhir yang diperoleh menggambarkan golongan kopi yang dinilai.
Tes kopi luwak

0 komentar:

Posting Komentar