Kamis, 23 Februari 2012

rangkuman departemen kopi dan informasinya

Kopi memang nikmat, dan manfaat kesehatannya sudah terbukti. Namun di sisi lain, cara mengonsumsi yang tidak benar juga bisa memberikan pengaruh yang buruk. Repotnya, banyak orang yang belum tahu berapa banyak sebenarnya kopi yang aman untuk diminum, atau perlukah mengonsumsi kopi non kafein (decaf)
Sebelumnya, baca ini aja dulu : 6 Pertanyaan tentang Kopi. Sambil menyesap kopi dengan Cara Benar Menikmati Kopi

Hmm kalau dikonsumsi secara benar, minum kopi itu banyak manfaatnya loooh!

1. Minum Kopi Hindarkan Kanker Rahim
Hasil penelitian menemukan, kelompok wanita yang minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari tercatat berisiko 60 persen lebih kecil mengidap kanker rahim dibandingkan mereka yang meminum kopi kurang dari dua kali dalam seminggu.
Selain meneliti konsumsi kopi, tim peneliti juga menelaah efek teh hijau terhadap kanker rahim . Tetapi mereka tidak menemukan hubungan antara teh hijau dengan penurunan risiko kanker rahim.

2. Kopi Meningkatkan Kemampuan Otak Wanita
para peneliti menemukan bahwa performa kaum pria dalam uji memori sangat kacau jika mereka mengonsumsi kopi berkafein. Mereka juga membutuhkan rata-rata waktu 20 detik lebih lama untuk menyelesaikan tugas, daripada pria yang minum kopi tanpa kafein. Di lain pihak, perempuan menyelesaikan puzzle 100 detik lebih cepat dengan bantuan secangkir kopi berkafein, demikian seperti dilaporkan Journal of Applied Social Psychology.

3. melawan kegemukan, menambah semangat, mengurangi resiko penyakit, membantu daya ingat, dan mencairkan suasana.

4. Minum Kopi = Risiko Stroke Menurun
Penelitian terbaru ini diadakan di Swedia, di mana sejumlah perempuan diminta minum sedikitnya secangkir kopi setiap hari. Terlihat mereka cenderung memiliki risiko stroke sebesar 22-25 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang minum kopi kurang dari jumlah tersebut atau tidak sama sekali.

5. Mengurangi Nyeri Saat Olahraga
Kafein memblok senyawa kimia pendorong rasa sakit, yang disebut adenosine, dan tidak tergantung dosisnya

6. Minum Kopi Atasi Penyakit Kronis
Surip Mawardi, peneliti kopi dan kakao Indonesia di sela-sela Konferensi Internasional Ilmu Pengetahuan Kopi 2010 di Nusa Dua Bali menyatakan, berdasarkan hasil penelitian terbaru, kopi bisa mengatasi berbagai macam penyakit seperti diabetes, kanker usus bahkan jantung koroner.

7. Minum Kopi Tak Ganggu Prostat
Pada analisa studi yang dilakukan tim adari Korea Selatan ini disebutkan bahwa sejauh ini tidak ditemukan bukti yang kuat. Justru, kafein dalam kpi memiliki efek positif dan negatif terhadap risiko kanker. Dalam studi terhadap hewan percobaan diketahui kafein justru menekan pertumbuhan tumor.

8. melindungi jantung, mencegah diabetes, menjaga kesehatan hati, meningkatkan kekuatan otak, membantu menghilangkan sakit kepala

Sejuta tambahan tentang kopi:
1. dan buat yang nyinyir kopi, read this seputar mitos dan fakta tentang kopi
karena sesungguhnya kopi tidak menimbulkan kecanduan, darah tinggi, dan keropos tulang. dan kopi itu bernutrisi wahai sodarasodara!

2. ada yg bilang kopi menimbulkan jerawat dan ternyata tak ada korelasi langsung antara asupan kafein dan jerawat. lalalalala….

3. buat yang oversensitivetocoffee-but-coffee-lovers, read this

4. Kopi bikin bau mulut? ga juga. karena Kombinasi susu dan kopi lah yang mungkin menyebabkan kita memancarkan bau yang mengagetkan setelah meminumnya.

5. Mending Kopi Instan atau Kopi Tubruk?

6. ada yg mau nebak kepribadian orang lewat kopi favoritnya? cek ini..

7.menghilangkan selulit dengan ampas kopi.

Sumber :
http://ranumesha.wordpress.com/2011/03/17/rangkuman-depkopinfo-departemen-kopi-dan-informasinya/

0 komentar:

Posting Komentar